cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2005): Juni" : 6 Documents clear
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SEKRETARIS Widowati, Dyah
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 2 (2005): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.713 KB)

Abstract

Mengingat pentingnya komunikasi didalam setiap aspek kehidupan terutama dalam dunia kerja pada umumnya dan sekretaris sebagai pemegang peran utama dalam menjembatani komunikasi didalam perusahaan tersebut. Sehubungan dengan pekerjaaan sekretaris yang banyak berkomunikasi dalam dunia kerjanya, dan diketahui pula sekretaris merupakan pusat informasi sehingga dalam kinerjanya lebih banyak bernteraksi dengan lingkungan dan orang-orang sekitarnya dan sehubungan dengan ilmunya sekretaris memiliki fungsi sebagai PR internal. Kecakapan seseorang dalam berkomunikasi secara verbal yang jelas tidak dipengaruhi oleh IQ (kecerdasan intelegensi ) tetapi salah satunya mendapat pengaruh dari EQ (kecerdasan emosional). Kecerdasan emosional (EQ) banyak berpengaruh pada setiap aspek kehidupan, bahkan para ahli mengemukakan bahwa keberhasilan dalam hidup terdiri dari 50% kecerdasan emosional, 20 % kecerdasan intelegensi, sisanya untuk kerja keras dan ketekunan. Untuk itu akan dikupas pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap komunikasi, dalam hal ini komunikasi verbal sekretaris sehingga akan memudahkan hubungan kerjasama diantara rekan sekerja dan meminimalkan salah paham yang mungkin timbul karena adanya penangkapan yang kurang tepat terhadap apa yang disampaikan.
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN KARYAWAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. Gatra Mapan Malang) Graha, Andi Nu
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 2 (2005): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.901 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:    1) ingin mendeskripsikan variabel tenaga pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan, fasilitas pelatihan, lama pelatihan serta kemampuan karyawan dikaitkan dengan kinerja karyawan di PT. Gatra Mapan Malang, 2) ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variabel tenaga pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan, fasilitas pelatihan dan lama pelatihan secara bersama-sama terhadap kemampuan karyawan, 3) ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variabel tenaga pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan, fasilitas pelatihan dan lama pelatihan secara parsial terhadap kemampuan karyawan, 4) Ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah selurh karyawan tetap bagian produksi PT. Gatra Mapan Malang sebanyak 247 orang, dengan menggunakan rumus Rahmat didapat jumlah sampel sebanyak 72 orang. Guna menjawab tujuan dalam penelitian ini digunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel bebas yang diteliti dalam kualifikasi baik. Tidak terjadi multikolinieritas dan bebas dari heteroskedastisitas. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara bersama-sama variabel tenaga pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan, fasilitas pelatihan dan lama pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan karyawan. Dan kemampuan karyawan berpengaruh signifikan pada kinerja karyawan.
MANAJEMEN LABA (EARNING MANAGEMENT) DAN PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PADA SAAT IPO (STUDI PADA BURSA EFEK JAKARTA) Handriyono, Handriyono
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 2 (2005): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.235 KB)

Abstract

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku manajer untuk mengendalikan tingkat keuntungan suatu perusahaan dan informasi keuangan. Studi empirik membuktikan ada 5 faktor yang berhubungan dengan manajemen laba yaitu ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan perusahaan, financial leverage, proporsi saham pemilik perusahaan, penjamin emisi. Penelitian ini menggunakan 34 perusahaan industri sebagai sampel penelitian yang go publik antara 1995 sampai dengan 1997 di Bursa Efek Jakarta. Hasil analisis dengan menggunakan Total Accrual Multivariate yaitu Ordinary Least Square model, menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan yang mempunyai hubungan yang signifikan pada perusahaan yang go publik, dan variabel yang lain tidak signifikan.
PERLUASAN MEREK: ”STRATEGI JITU PELUNCURAN PRODUK BARU” Adiwijaya, Michael
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 2 (2005): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.694 KB)

Abstract

Strategi perluasan merek bukan hal yang baru dalam dunia pemasaran, dimana strategi pengembangan merek ini banyak digunakan oleh praktisi – praktisi pemasaran di dalam aktivitas peluncuran produk baru. Penggunaan strategi tersebut didasarkan pada pertimbangan besarnya biaya iklan untuk meningkatkan brand awareness dari produk baru, adanya ikatan emosional antara konsumen dengan merek yang memiliki ekuitas yang tinggi, dan waktu proses adopsi dari respon konsumen yang relatif lebih singkat. Strategi perluasan merek memiliki kekuatan dan kelemahan, demikian halnya dengan strategi pengembangan merek lainnya. Setiap peluncuran produk baru, baik yang menggunakan strategi merek baru ataupun strategi perluasan merek tetap memiliki resiko yang sama besarnya.  Peran dari pemasar dalam mengelola sumber daya yang dimiliki perusahaan adalah faktor kunci kesuksesan peluncuran suatu produk baru
MEMBANGUN MEREK DENGAN MENGAKUISISI PERUSAHAAN : REALITAS MEREK-MEREK YANG BERHASIL (STUDI KASUS – COCA COLA, STARBUCKS & HM SAMPOERNA) Djati, S Pantja
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 2 (2005): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.644 KB)

Abstract

Membangun sebuah merek sebagai investasi yang cukup panjang dan akan menghasilkan suatu keuntungan besar bagi perusahaan. Pada kenyataannya banyak merek-merek internasional yang sudah berhasil untuk jangka waktu yang panjang sampai saat ini, sebab ia sudah berhasil dalam merencanakan suatu merek. Pada beberapa waktu ternyata nilai suatu merek melebihi dari total asset perusahaan, tanah dan mesin yang dimiliki perusahaan, karena citra merek yang tinggi bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Pada beberapa kasus di perusahaan pada dasarnya investasi dengan membeli perusahaan memiliki kecenderungan untuk mempertahankan merek mula-mula, yaitu merek yang sejak awal dibeli yang sudah cukup kuat di benak konsumen. Membuat merek baru lebih beresiko dan perlu biaya mahal. Justru dengan mengakuisisi perusahaan untuk menambah portofolio merek perusahaan.
PERAN USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) DALAM PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA BARU Munir, Moh
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 2 (2005): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.848 KB)

Abstract

Memasuki tahun 2006 sebagai era pemulihan struktur kehidupan ekonomi setelah selama  5 tahun lebih dilanda krisis ekonomi dan krisis multidimensional. Karena seharusnya  Indonesia sudah pulih kehidupan ekonominya seperti Negara-negara lain di Asia yang juga dilanda krisis dalam waktu yang bersamaan. Namun kenyataan tidak seindah yang dibayangkan, krisis ekonomi belum sirna dari hadapan kita, belum sempat kita berbicara masalah pemulihan kehidupan ekonomi, kita ditimpa masalah yang hamper sama beratnya yaitu kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM membuat pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 6%. Kondisi ini menyebabkab  pengangguran bertambah banyak. Dalam kondisi ekonomi yang serba sulit ini tampaknya sektor UKM terbukti paling handal dilanda krisis disbanding dengan perusahaan besar yang lain. Dan tampaknya sektor UKM punya konstribusi yang paling besar pada pembentukan  PDB yang makin besar. Selain itu sektor UKM terbukti dari tahun ketahun secara parsial mampu menyerap dan membuka lapangan kerja baru dari berbagai bidang mulai bidang ekonomi, pertanian, peternakan, kerajinan, industri dsb. Sehingga pertumbuhan dan pemberdayaan sektor UKM menjadi suatu keharusan dalam rangka penciptaan lapangan kerja baru, baik disektor formal maupun sektor informal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2005 2005


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue